DHARMASANTI WAISAK 2553 JATENG DI GRADIKA BHAKTI PRAJA


DHARMASANTI WAISAK 2553 JATENG DI GRADIKA BHAKTI PRAJA
Gubernur Jateng H. Bibit Waluyo mengharapkan hendaknya umat Buddha ikut berpartisipasi dan mendukung peningkatan kesejahteraan rakyat Jateng.Demikian juga hendaknya dijaga terus stabilitas kamanan terutama menghadapi pilpres 2009 mendatang. Demikian disampaikan Drs Edi Susanto MM, Asisten III Setda Jateng mewakili Gubernur dalam Dharmasanti Waisak Umat Buddha Jawa Tengah 2553 BE/2009 yang diselenggarakan pada Minggu, 7 Juni 2009 siang di Gradika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jateng di Semarang.
Dalam acara ini, Sri Pannavaro Mahathera, Sanghapamokha (Kepala Sangha) dari SANGHA THERAVADA INDONESIA dalam menyampaikan Pesan Waisak 2553 mengemukakan bahwa kerukunan umat beragama bisa dimulai dari keluarga masing-masing. Dari lingkup keluarga inilah, keharmonisan dalam skala yang lebih luas bisa tercipta, seperti kerukunan antarumat beragama
Lebih lanjut Sri Pannyavaro Mahathera menyatakan, untuk mencapai keharmonisan ini paling tidak ada beberapa pilar yang menjadi landasan. Antara lain bisa menerima perbedaan dan menghargai setiap kehidupan. Keharmonisan hendaknya terjadi bukan karena keterpaksaan untuk harmonis. Sebab, jika karena terpaksa keharmonisan ini tidak akan lama. Intinya, harus bisa memahami bahwa kehidupan ini milik semua umat, bukan diri sendiri atau kelompoknya.
Pilar keharmonisan kedua, lanjut BhantePannavaro, yakni peduli kepada mereka yang menderita. Peduli yang dimaksud adalah tidak mementingkan diri sendiri dan keluarganya. Tetapi, bisa berbagai meski tidak selalu identik dengan materi.’’Dari sedikit apa yang kita punya akan sangat bermanfaat bila bisa kita bisa bagikan kepada orang yang membutuhkan, tandasnya
Kemudian pilar ketiga, menurut dia, adalah mampu mengendalikan diri dari perilaku yang buruk. Perilaku buruk, tidak hanya membahayakan diri dan orang lain tetapi juga bisa berakibat fatal terhadap lingkungan. ’’Terjadinya banjir, bencana dan sebagainnya tidak semata-mata disebabkan oleh alam, tetapi dari perilaku keserakahan manusia.’’.
Pilar yang terakhir, jelas Bhante Pannavaro, yakni pandangan yang tak boleh salah. Contohnya antara lain, menginginkan milik orang lain dan berniat buruk. ’’Minimal tidak mengganggu orang lain kalau tidak ingin diganggu. Sebab, hukum sebab akibat akan tetap berlaku. Demikian pesan yang disampaikan dengan tenang dan jelas.
Dharmasanti (resepsi) yang dimulai dengan penyalaan lilin perdamaian oleh Pejabat dan Pemuka Lintas Agama dihadiri oleh ratusan umat Buddha atas inisiatif Pembimas Buddha Kanwil Depag Propinsi Jateng dengan didukung 11 Majelis Agama Buddha se Jawa Tengah ini merupakan usaha menjaga keharmonisan, membina kerukunan intern umat Buddha yang ada. Sebagaimana disampaikan Sayit SH S Ag MM, Pembimas Buddha Kanwil Departemen Agama Propinsi Jateng, bahwa Jateng merupakan salah satu barometer agama Budha di Indonesia. Selain jumlah umatnya cukup besar, tempat ibadah di provinsi ini mencapai 700 buah tersebar di berbagai kota dan pelosok daerah. Adapun Majelis-majelis agama Buddha pendukung antara lain MBI (Majelis Buddhayana Indonesia), Mapanbumi (Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia), MARTRISIA (Majelis Rochaniawan Tridharma Indonesia) dan MAGABUDHI (Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia)
Rangkaian acara dharmasanati ini diisi dengan acara kesenian, antara lain “Gending Raden Wijaya” oleh STAB N “Raden Wijaya”, “Tari Kasih Semesta”, “Tari burung Perdamaian” , Paduan Suara dls.

Catatan
Note no 10 Facebook
Catatan D. Henry Basuki terakhir Waisak 2553 tahun 2009 ini
Upload 8 Juni 2009

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: