K I L E S A, PENYAKIT BATIN


Namo Tassa Bhagavato Arahato Samma Sambuddhasa (3x)

Kita sebagai manusia mempunyai dua unsur: jasmani dan batin yang disebut kăya dan citta.

Kăya atau jasmani selalu diganggu oleh penyakit (roga) sedangkan citta atau batin selalu diganggu oleh kekotoran batin (kilesa).

Kalau jasmani sakit kita mencari penyembuhnya. Ada upaya kerokan, minum obat atau ke dokter ~ diperiksa, diberi resep obat, ditebus untuk menyembuhkan.

Kekotoran batin ini seperti halnya penyakit pada kăya juga harus diobati.

Kekotoran batin merupakan penyakit pada citta disebabkan oleh avijjă atau ketidak tahuan. Ketidak tahuan ini dapat “disembuhkan” bilamana kita mengenal jenis-jenis kilesa tersebut.

Menurut penggolongannya, kilesa terdiri dari 3 jenis:

1. LOBHA atau disebut juga răga, yaitu kilesa yang membuat pikiran selalu merasa lapar, serakah serta tidak pernah puas dengan apa yang telah dimiliki

2. DOSA yaitu kilesa yang membuat pikiran selalu jengkel, penuh emosi dan penuh dengan kebencian

3. MOHA yaitu kilesa yang membuat pikiran selalu merasa frustrasi dan memiliki kegelapan batin

Kekotoran batin ini merupakan penyakit umum yang selalu menghinggapi masyarakat.

Ibarat pohon yang tumbuh dan berkembang karena mendapatkan air dan pupuk, demikian juga halnya citta atau batin manusia akan tumbuh dan berkembang bila melaksanakan dhamma dalam kehidupan sehari-hari.

Bilamana manusia melaksanakan sila, antara lain dengan tidak membunuh, mencuri, berdusta, melakukan perbuatan melanggar kesusilaan dan mimum minuman keras, berjudi, menodong, merampok atau perbuatan tidak terpuji lainnya, maka hal itu merupakan penyembuh “kilesa” termaksud.

Orang melakukan perbuatan tidak terpuji, atau disebut juga “akusala kamma” hendaknya mempunyai adhitthana atau tekad untuk menghentikan perbuatan tercela termaksud.(lawan kata “akusala kamma” adalah “kusala kamma” = perbuatan terpuji)

Apabila seorang telah melakukan kesalahan, kesalahan tersebut tetap membekas walaupun pada waktunya dia tidak melakukan kesalahan yang sama. Demikian juga, ada yang telah menjalani hukuman karena melakukan kesalahan, dia akan melakukan kesalahan yang sama bila telah seleai menjalani hukumannya. Hal ini yang tidak boleh terjadi bila kita mau menjadi baik. Menjadi baik berarti meningkatkan kualitas hidup kita.

Untuk tidak mengulangi kesalahan, maka akar dari kesalahan tersebut yang harus dilenyapkan. Itulah sebabnya kita wajib melenyapkan 3 kilesa yaitu lobha (keserakahan), dosa (kebencian) dan moha (kegelapan batin) yang ada pada batin kita masing-masing.

Bilamana kita akan memasuki dhammasala Vihara Buddhagaya Watugong, pada lantai terapat relief ayam jantan menggigit ekor ular, ular menggigit ekor babi dan babi menggigit ekor ayam jantan. Relief tersebut menggambarkan 3 kilesa. Maksud meletakkan relief tersebut agar kita menginjak-injak gambar itu terlebih dahulu dengan maksud menghancurkan sebelum masuk ke dhammasala untuk melaksanakan dhammassavana (mendengarkan dhamma)

Ayam jantan melambangkan lobha, ular melambangkan dosa dan babi menggambarkan lobha. Dengan melenyapkan lobha, dosa dan moha maka batin kita akan terbebas dari penyakit, setelah mendengarkan uraian dhamma kita akan dapat melaksanakannya secara mulus.

Jagalah batin yang bersih, perilaku yang terpuji dan pikiran yang terkonsentrasi ketika melakukan dhammassavana.

Demikianlah seyogyanya !

Sabbe satta bhavantu sukkhitatta.

Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu, sadhu, sadhu.

Note no 24 Facebook

ringkasan dhammadesana di Vihara Candra Kinnara ~ Semarang

Minggu, 17 Januari 2010

Sumber :http://www.facebook.com/photo.php?pid=1030647&op=1&view=all&subj=256354353773&aid=-1&auser=0&oid=256354353773&id=1174042071

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: