MUCALINDA (Dragon King)


Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammă Sambuddhassa (3x)

Demikianlah yang saya dengar.

Pada suatu saat Sang Bhagava sedang tinggal di hutan Uruvela, di dekat sungai Neranjara, di bawah pohon Mucalinda, baru saja beliau mencapai Penerangan Sempurna.

uruvela_kassapa_brothers_gayasisa2

 

Pada saat itu Sang Bhagava duduk bermeditasi selama tujuh hari menikmati kebahagiaan dari Kebebasan. Saat itu walaupun bukan masanya, terjadilah hujan badai yang besar, dan selama tujuh hari terdapat awan-awan hitam, angin dingin dan cuaca yang tidak menentu. Waktu itu Mucalinda, Raja-Naga, meninggalkan tempat tinggalnya dan sesudah melingkari tubuh Sang Bhagava tujuh kali dengan tubuhnya, dia berdiri dengan kerudung kepalanya yang terbentang di atas kepala Sang Bhagava, (sambil berpikir) untuk melindungi Sang Bhagava dari dingin dan panas, dari pengganggu, nyamuk, angin, matahari, dan sentuhan makhluk-makhluk yang menjalar.

Pada akhir tujuh hari itu, Sang Bhagava berhenti dari meditasi-Nya. Saat itu Mucalinda, Raja-Naga, melihat bahwa langit telah cerah dan awan-awan hujan telah berlalu, melepas lingkaran tubuhnya dari tubuh Sang Bhagava. Dengan merubah penampilannya dan membentuk penampilan sebagai seorang pemuda, dia berdiri di depan Sang Bhagava, dengan tangan dirangkapkan, untuk menghormat beliau.

     Itulah salahsatu bagian dari 84.000 dhamma agung Sang Buddha yang diterjemahkan dari Kitab Udana II:1.

Sudah sering dijelaskan bahwa setelah mencapai penerangan agung di Gaya pada 588 tahun sebelum Masehi, Sang Buddha menikmati 7 minggu keadaan Nibbana. Saat itulah terjadi hal-hal yang menakjubkan. Antara lain diceriterakan bahwa pada minggu kedua beliau memandangi pohon bodhi terus menerus selama satu minggu dengan mata tidak berkedip. Hal ini sebagai cetusan rasa terima kasih karena pohon bodhi telah memberikan tempat berteduh selama meditasi berjuang mencapai penerangan agung. Tapi merasakan keadaan nibbana pada minggu kelima justru Sang Buddha bermeditasi di bawah pohon beringin, sementara pada minggu ketujuh bermeditasi di bawah pohon rajaratana.

     Mucalinda adalah nama pohon yang ditempati Sang Buddha pada minggu keenam. Di tempat itulah raja naga berkepala tujuh yang juga bernama Mucalinda,melihat keadaan cuaca yang “tidak bersahabat”, timbul rasa iba, selanjutnya timbul rasa bakti terhadap Sang Buddha. Naga ini melilitkan tubuhnya sebanyak tujuh kali, sehingga Sang Buddha yang kurus kering merasa hangat. Tubuh Sang Buddha tidak basah karena air hujan dan tidak merasa dingin karena terpaan angin badai. Tujuh kepala naga melindungi Sang Buddha selama tujuh hari.

Pada hari ketujuh minggu keenam, barulah cuaca cerah, sehingga naga Mucalinda melepaskan lilitan dan naungannya. Ia merubah wujudnya menjadi pemuda dan beranjali dihadapan Sang Buddha. Selesai naga Mucalinda melakukan pattipati-puja, Sang Buddha mengucapkan dhamma sbb.:

Berbahagia adalah ketidakterikatan bagi seseorang yang puas hati,

bagi seseorang yang sudah belajar Dhamma dan yang melihat;

berbahagia adalah tidak adanya penderitaan di dunia ini,

mengendalikan diri terhadap makhluk-makhluk hidup;

berbahagia adalah tidak adanya nafsu di dunia ini,

mengalahkan nafsu-nafsu indria;

tetapi menghilangkan kesombongan “aku”,

itu adalah benar-benar kebahagiaan tertinggi. 

Naga Mucalinda telah meningkatkan paramitanya, sehingga meningkat pula pada kelahiran berikutnya.

    Marilah kita bertekad melaksanakan ajaran dhamma dengan baik dan benar, punya peningkatan paham atas semua ajaran luhur Sang Buddha dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita dapat menyempurnakan paramita sehingga lahir dalam alam yang lebih baik.

    Sabbe satta bhavantu sukhitattă.

    Semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu, sadhu, sadhu.

                                                                     

Dalam kehidupan ini ia berbahagia, dalam kehidupan yang akan datang ia juga akan berbahagia, dalam kedua alam kehidupan si pembuat jasa kebaikan berbahagia, ia bergembira dan berbahagia menyaksikan buah dari perbuatannya yang baik

Dhammapada  1:16

source:  http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150249860718774

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: