Ayo Dukung Pembangunan Vihara Setia Dana – Banyumas…!!!!!


Vihara Setia Dana adalah salah satu tempat ibadah umat Buddha yang sangat bersejarah bagi perkembangan umat Buddha di Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Kenapa bersejarah ? Yah… karena Vihara ini dahulu kala sekitar tahun 1980 an adalah salah satu pusat pembabaran Dhamma bagi umat Buddha di daerah itu. Vihara Setia Dana tepatnya berada di Desa Selanegara RT 01 Rw 1 Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa tengah saat ini masih terus aktif, untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya umat Buddha di daerah ini agar terus menamakan kebajikan sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Toleransi kehidupan beragama di Kecamatan Sumpiuh sangat terjaga dengan baik, karena warga di kecamatan ini tetap menjaga semboyan Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu.

Para Bhikkhu Senior pun pernah hadir ditengah-tengah umat Buddha, diantaranya adalah:

  1.  Y.M. Bhikkhu Jotidhammo Mahathera,

  2. Y.M. Bhikkhu Dhammasubho Mahathera,

  3. Y.M. Bhikkhu Jagaro Mahathera,

Dan masih banyak lagi para tokoh Buddhis yang pernah memberikan semangat umat Buddha di daerah tersebut, sehingga kami dengan hati tenang dan penuh cinta kasih berusaha dengan sepenuh hati menerapkan  Ajaran Guru Buddha.  Terima Kasih Para Bhikkhu, Pandita, Motivator dll yang telah membina kami….

Romo Rokhaman Dharmasena  selaku tokoh umat Buddha di daerah ini pun dengan usianya yang sudah lanjut terus memberi semangat agar umat Buddha di Kecamatan Sumpiuh ini terus bertahan dan berkembang. Bapak Suhadi dan Bapak Sukimin selaku Dayaka Sabha Vihara Setia Dana ini serta Romo Salikun selaku PC MAGABUDHI Kabupaten Banyuma terus berperan aktif untuk terus menjaga dan merawat Vihara Setia Dana ini.

Pada kali ini Vihara Setia Dana sedang dalam proses pembangunan, mengingat Vihara yang didirikan sekitar tahun 1980-an sudah tidak layak lagi, dan membahayakan keselamatan umat, maka tahun ini Vihara Setia Dana di pugar Total dan medirikan Bangunan Baru yang langsung diprakarsai oleh Y.M. Bhikkhu Jagaro Mahathera. Bhante selalu terus memberikan semangat kepada umat Buddha di Kecamatan Sumpiuh  ini agar terus menjalankan ajaran Guru Buddha dengan maksimal agar semua yang kita cita-citakan dapat tercapai dan akhirnya kita bisa hidup bahagia. Terima Kasih Bhante…. Gambar Arsitek dari Vihara ini dibuat dan disumbangkan oleh Bapak Sony dari Tangerang, dan beliau juga turut andil dalam menyumbang dana dan mengkoordinir dana dari berbagai macam kota. Para Umat Buddha Vihara Setia Dana dan sekitarnya yang berada di perantauan (yang tidak bisa disebut satu persatu) pun terus memberikan bantuan dana dan moral agar tercapainya Pembangunan Vihara Setia Dana ini. Begitu juga dari Kementrian Agama melalui Dirjen Bimas Buddha juga telah membantu untuk pembelian material dan bahan bangunan yang dibutuhkan dalam Pembangunan Vihara Setia Dana.

Meskipun demikian ternyata dana yang dibutuhkan masih kurang dan kami masih butuh uluran tangan dari para donatur agar Pembangunan Vihara Setia Dana dapat berjalan Lancar.

Bagi Para Donatur, kami persilahkan semoga berkenan membantu proses pembangunan Vihara bersejarah ini, agar semua dapat berjala lancar, sehingga Umat Buddha di Kecamatan Sumpiuh khususnya dapat melaksanakan Puja Bhakti dan menanam kebajikan di Vihara Setia Dana ini dengan nyaman dan tenang.Kebaikan hati para Donatur adalah kebanggaan bagi kami umat Vihara Setia Dana, karena ternyata kita banyak saudara sedhamma di luar Vihara Setia Dana, dan hal ini akan menjadi motivasi bagi kami semua, karena pada dasarnya kita adalah satu keluarga yaitu Keluarga seDhamma.

Jika Anda berkenan untuk memberikan sedikit kebajikan kepada Vihara Setia Dana silahkan dapat menghubungi Dayaka Sabha Vihara Setia Dana:

  1. Bapak Suhadi : 0852 2790 9965

  2. Roch Ajiono : 0813 2759 9937

Atau anda dapat transfer di Rekening Vihara Setia Dana :
BRI Kecamatan Sumpiuh
An. Vihara Setiya Dana
No. Rekening : 3109 01 0259 41 53 3

Demikian sekilas berita dari Daerah Sumpiuh Banyumas yang merupakan tempat berkembangnya umat Buddha di Kabupaten ini.

Berikut foto salah satu kegiatan Puja Bhakti Vihara Setia Dana

By Bapak Suhadi – Dayaka Sabha Vihara Setia Dana

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: