My Buddhism


Every evil never doing and in whole someness increasing and one’s heard well-purifying, This is buddhas’teaching.

Tidak melakukan segala kejahatan

Mengembangkan kebajikan

Menyucikan hati dan pikiran

Inilah ajaran semua Buddha

(Dhammapada 183)

“Download File?Klik gambar diatas”

“About My Buddhism “

Ketahuilah bahwa saya memeluk agama Buddha (Mazhab Theravada) sejak lahir .Tentunya merupakan sebuah karma baik yang luar biasa dan saya akan bertekad untuk menjadi seorang Buddhist sejati yang tidak akan pernah tergoyahkan oleh apapun juga seperti batu karang yang tak akan pernah tergoncangkan oleh badai !!! Hee..he..he..Tentunya jika masih ada karma baik juga..Hal itu juga tidak pernah terlepas dari jasa serta ilmu/didikan dari :

  1. Ayahku Rm.Dharmasena Rokhaman yang telah berjasa besar dalam mengembangkan Buddha-Dhamma selama lebih dari 30 tahun di daerah Banyumas ,Jawa Tengah khususnya.Sekarang beliau juga masih diangkat menjadi ketua PC.Magabuddhi  Banyumas periode 2007-2010. Walaupun usianya sudah 70-an, beliau masih tetap aktif dalam berbagai acara pertemuan /rapat keagamaan di daerah maupun pusat.

  2. Ibuku, Rasiyem Guthing Gotami Putri (Almh), yang telah membesarkanku dengan penuh rasa meta-karuna yang begitu mendalam, sehingga saya memiliki warisan darinya yaitu berupa tameng kesabaran, rendah hati, keuletan, kesungguhan, tata etika yang baik disetiap perilaku kehidupan. Namun, dunia ini penuh dengan Anicca, dukkha, dan Anattha! Ibunda tercinta hanya bisa menemaniku sampai usiaku yang ke 13 tahun, tepatnya kelas 1 SMP , 26 september 2004. Saya selalu mendoakan semoga ibunda terlahir di alam yang bahagia dan selalu dalam lindungan Triratna.  “MOTHER, WHERE ARE YOU NOW? I’M VERY MISSING AND LOVING YOU FOREVER!!!”

  3. Kakakku( ka.Ury, Ka.Asih, Mas Adi, Ka.Ius, & Ka.Aci) yang telah selalu memberi semangat & motivasi untuk selalu aktif ke Vihara dan menjalankan Buddha-Dhamma serta pergi ke Sekolah minggu untuk membina adhik-adhik generasi berikutnya. Anda dapat melihat salah satu website kakakku yaitu ROCHAKSIADI ( Mas ADI) di www.tisarana.net.

  4. Semua Guru Pendidikan Agama Buddha-ku mulai dari SD sampai kuliah yaitu  pak Puryan,bu Ginah,pak Suyut, dan Mas Adi juga..he..he.., yang telah membimbing saya sehingga pengetahuan tentang buddhisme tidak pudar. Selain itu juga dapat meningkatkan kewaspadaan saya terhadap berbagai rintangan selama di sekolah.

  5. Semua pihak yang telah memberikan motivasi dan ilmu tentang Buddha-dhamma baik itu para bhikkhu, motivator, buku-buku dhamma, CD/VCD/DVD Dhamma, acara-acara Buddhist, dsb.

Oleh karena itu, sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih kepada semuanya., mungkin tak ada sesuatu yang bisa untuk membalas jasa kebaikan mereka semua. Tetapi saya selalu berdoa, semoga karma baik selalu melindungi mereka dan tetap teguh dalam menjalankan Buddha-Dhamma.

Demikianlah riwayat singkat tentang My Buddhism, jika anda tertarik dengan tulisan ini, sudikiranya anda memberikan respon/tanggapan, baik berupa kritik atau saran yang bersifat membangun sehingga kita bisa sharing bersama di website saya ini.

Once again I say  :

“ Thanks very much for my family, hope we are success and glory in Buddhism !!! Tiratana will always bless us forever !!!”

Sadhu..sadhu..sadhu..

4 website

IMG_20190629_165153

IMG_20200528_125357

Spiritual advisor and motivator :

Sridhammananda

Hsing Yun

Dalai Lama

Other motivator

Ingin belajar lebih banyak tentang buddhisme, silahkan kunjungi :

www.dhammacitta.org

www.sammaghi-phalla.org

www.karaniya.com

MP3 Buddhist, Walpaper, Animasi, Parita, Cerita Buddhist, dsb.

Leave a comment