Science & Technology


SCIENCE & TECHNOLOGY

Dunia ini ada karena dunia sebelumnya, dunia esok ada karena dunia ini. Oleh karena itu, pemikiran untuk mengetahui awal dan akhir dari dunia ini adalah sesuatu yang tidak berguna, manguras energy dan waktu yang tak terkirakan dan begitulah adanya dunia ini, seperti kita memutar rantai, tidak tahu mana ujung rantai dan pangkal rantai. Karena semua mata rantai saling berhubungan.

Jaman yang serba canggih ini tentunya tidak akan pernah terlepas dari jaman nenek moyang kita dulu. Mulai dari jaman es, batu sampai jaman modern yang hanya menggunakan chip kecil dan robot yang dapat membantu kehidupan manusia. Segala kehidupan selalu disajikan dengan cara yang sepraktis mungkin. Mulai dari makanan instan sampai peralatan pelengkap kebutuhan kita. Semuanya serba pencet tombol!!! Sembari kita melakukan aktivitas lain baik bekerja ataupun duduk santai. Yang jelas untuk meringankan pekerjaan manusia.

Semua itu tentunya diawali berkat penemuan mesin uap oleh James Watt dan bola lampu oleh Thomas Alfa Edison. Dunia yang tadinya gelap gulita di malam hari, kini serasa terang setiap saat seperti tidak ada malam.

Perkembangan dunia IPTEK memang sudah mulai dirasakan oleh semua Negara mulai dari Negara maju sampai Negara berkembang seperti NKRI kita. Tentunya setiap Negara dituntut wajib untuk mengikuti perkembangan IPTEK dunia agar tidak tertinggal oleh Negara lainnya. Setiap Negara beranggapan bahwa perkembangan IPTEK tersebut sangat bermanfaat di semua kehidupan. Seperti : meningkatkan kebutuhan financial, efisiensi waktu, BBM, ruang dan tempat, menghindari system barter, dll.

Tetapi apakah anda merasakan dampak negatifnya???

Ya, tepat sekali… Sisi negatifnya memang sebanding dengan sisi positifnya. Seperti apa yang telah kita rasakan sekarang ini yaitu krisis di segala aspek kehidupan seperti ekonomi, moral, agama, diskriminasi (dimana suku pedalaman kehidupannya masih primitive sedangkan kita hidupnya sudah modern), illegal loging, banjir, pemanasan global, dll. Yang saya rasakan, sepertinya alam tidak suka pada perkembangan IPTEK tersebut. Inilah hukum kehidupan, siapa berbuat harus mau menerima / menanggung segala akibatnya..!!! Yang jelas sangat dibutuhkan kesadaran setiap orang akan hal itu.. Setuju??? Kaya lagi kampanye aja…He..he..

Yach.., memang itulah fakta kehidupan sekarang ini, kita tidak bisa membalikkan kehidupan ini seperti kita membalikkan telapak tangan kita. Apalagi mengkambing hitamkan terhadap para pencipta IPTEK, padahal kita semua kan ikut andil dalam kehidupan ini…

Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama berpikir, berucap, dan bertindak yang terbaik seperti apa yang sedang kita jalani dalam kehidupan sekarang ini agar tercipta kehidupan esok yang lebih baik sehingga alam dapat bersahabat dengan semua mahkluk hidup seisinya kembali…

Thanks…

 


 

 

 

 

Leave a comment